Benarkan Semakin Banyak Keluar Keringat Semakin Banyak Membakar Lemak?

Bila anda ingin menurunkan berat badan, bisa mencoba rekomendasi dari saya. Sebab dari survey yang dilakukan, banyak yang telah menurunkan berat badan dengan ini secara ALAMI 2 - 3 kg/ minggu tanpa efek samping. Kok bisa? klik disini segera.

Banyak sekali orang yang meyakini bahwa salah satu tanda kita membakar lemak adalah dengan berkeringat. Tetapi, apakah hal itu benar? Ternyata tidak!

Meski sudah seringkali dibahas, namun masih saja banyak orang berpikir bahwa saat kita berkeringat waktu berolahraga, itu adalah pertanda bahwa tubuh sedang membakar lemak. Benar bahwa Anda membakar lemak selama berolahraga, namun semua itu karena anda berolahraga, bukan dari banyaknya keringat.

Mengenal Seluk Beluk Keringat
Apa sebenarnya keringat? Seperti yang kita ketahiui, kelenjar didalam kulit kita menghasilkan cairan yang di sebut keringat. Keringat terdiri dari berbagai komponen seperti laktat, natrium klorida, mineral, air dan urea. Berkeringat sebenarnya merupakan proses natural yang terjadi didalam tubuh dan biasanya diakibatkan karena tubuh mengalami over heating atau kepanasan, sehingga menghasilkan keringat untuk mendinginkannya. Jadi, saat keringat menguap melalui permukaan kulit, maka tubuh akan melepaskan panas keluar dan menurunkan suhu tubuh.

Apa Yang Menjadi Penyebab Banyak Atau Sedikitnya Keringat?
Banyaknya keringat dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain jenis kelamin, metabolisme tubuh, genetik, suhu dan kelembaban lingkungan, kondisi emosional/stres, aktivitas fisik, ataupun adanya penyakit dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Kondisi overheating dapat disebabkan oleh suhu panas, sauna, stres, atau akibat pemanasan otot yang terjadi saat kita melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Nah, aktifitas fisik yang berupa olahraga ini lah yang membuat tubuh kita mengalami 2 proses yaitu memproduksi keringat dan membakar lemak.

Proses Pembakaran Lemak Dan Keringat
Jadi, pertanyaannya apakah kita membakar lebih banyak lemak saat kita banyak mengeluarkan keringat? Sayangnya tidak. Selain faktor yang sudah di sebutkan diatas, setiap orang juga menghasilkan keringat dalam jumlah yang berbeda - beda seperti lamanya berolahraga dan berat badannya saat itu. Perlu diingat bahwa berkeringat adalah mekanisme tubuh untuk menjaga suhu tubuh.


Ketika kita berolahraga, kita membutuhkan energi, dan oleh karena itulah terjadi pembarakan lemak untuk mensuplay energi yang kita butuhkan. Nah, saat tubuh memproduksi energi melalui proses metabolisme, tubuh akan mengeluarkan panas. Untuk mengatasi suhu tubuh yang terus meningkat, maka tubuh segera bereaksi untuk mendinginkan. Oleh karena itu terjadi penguapan dipermukaan kulit sebagai keringat untuk menjaga tubuh tetap dingin.

Namun sekali lagi, banyaknya keringat yang keluar selama mekanisme pendinginan tubuh ini berbeda-beda pada tiap orang. Jadi, bukan berarti sedikit berkeringat maka sedikit juga lemak yang dibakar. Berkeringat dan membakar lemak adalah 2 hal yang berbeda.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan di Kobe University dan Osaka International, membuktikan bahwa pria lebih banyak menghasilkan keringat dibanding wanita ketika berolahraga, namun walaupun begitu, sama sekali tidak ada hubungannya dengan pembakaran lemak.

Kita mungkin akan merasa lebih ‘ringan’ dan bahkan mengalami penurunan berat badan setelah mengeluarkan banyak keringat. Tapi, tunggu dulu! Bukan berarti bahwa lemak yang berkurang, namun yang berkurang adalah air didalam tubuh kita!

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita ini terdiri dari 75% air, jadi kalau kita banyak mengeluarkan keringat, masuk akalkan kalau kita merasa lebih ringan?

Perhatikn Dehidrasi!
Mungkin Anda pernah melihat banyak orang yang berolahraga, umumnya lari, dengan mengenakan baju plus jaket super tebal agar lebih banyak keringat yang keluar dan menganggap bahwa dengan begitu mereka akan membakar lemak dan kalori lebih banyak. Ini adalah hal yang salah. Tidak hanya membuat mereka bisa mengalami dehidrasi berat, tapi cara ini memang tidak akan membakar lemak lebih banyak.

Dehidrasi yang hanya 2% saja dari total air dalam tubuh bisa memberikan dampak 30% terhadap performa tubuh karena kelelahan. Bahkan, kehilangan air tubuh hingga lebih dari 15% bisa berakibat fatal yaitu kematian. Oleh karena itu, jika Anda banyak mengeluarkan keringat, maka segera cari minuman untuk mengisi kembali cairan didalam tubuh.

Jogging di siang hari dengan menggunakan jaket yang tebal dengan tujuan untuk meningkatkan keringat tidak berarti membakar lemak. Suhu panas, siang hari, ditambah jaket memang akan membuat suhu tubuh meningkat, dan keringat akan keluar untuk mendinginkannya, tetapi bukan berarti itu adalah pembakaran lemak dan membuat kita bisa cepat kurus.

Nah, mulai sekarang, lakukan langkah yang efektif untuk membakar lemak, yaitu dengan melakukan olahraga teratur diimbangi dengan pengaturan pola makan yang baik. Karena inilah satu - satunya cara yang paling efektif untuk membakar lemak didalam tubuh anda dan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu hindari pikiran yang mengatakan bahwa pembakaran kalori di pengaruhi oleh jumlah keringat yang di keluarkan! Train smarter, not harder!

dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment